Minggu, 22 November 2009

SKL UN IPA 08/09


PREDIKSI SKL UN IPA MTs

TAHUN 2009 / 2010

SKL. 1. : Melakukan Pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari- hari.

Kemampuan Yang Diuji:

1. Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai.

2. Membaca alat ukur


SKL. 2. : Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari- hari.

Kemampuan Yang Diuji:

3. Menentukan salah satu variable ρ = m / v

4. Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari- hari

5. Menentukan salah satu dari rumus kalor ( Q= m . c. ΔT )


SKL. 3. : Menjelaskan dasar- dasar mekanika (gerak, gaya, usaha dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari- hari.

Kemempuan Yang Diuji:

6. Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinyagerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari

7. Menentukan variable dari rumus tekanan pada suatu zat

8. Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari- hari

9. Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi

10. Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari- hari


SKL. 4. :Memahami konsep- konsep dan penerapan getaran, gelombang, bunyi dan optic dalam produk teknologi sehari- hari

Kemampuan yang diuji:

11. Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang

12. Menjelaskan cirri dan sifat- sifat bunyi serta pemanfaatannya

13. Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan didepan lensa atau cermin

14. Menentukan besaran- besaran pada alat optic dan penggunaannya dalam kehidupan sehari- hari


SKL. 5. : Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari- hari

Kemampuan Yang Diuji:

15. Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta menentukan jenis muatan

16. Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik

17. Menentukanbesarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari- hari

18. menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub- kutub yang dihasilkan


SKL. 6. : Memahami sisten tata surya dan proses yang terjadi didalamnya

Kemampuan Yang Diuji:

19. Menjelaskan karakteristik benda- benda langit dalam tata surya

20. Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan


SKL. 7. : Menjelaskan cirri- cirri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan

Kemampuan Yang Diuji:

21. Mendeskripsikan cirri- cirri makhlik hidup

22. Mengidentifikasi cirri- cirri pada pengelompokan makhluk hidup

23. menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem

24. Menjelaskan usaha- usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

25. Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup

26. Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan


SKL. 8. : Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan / organ- organ pada tumbuhan dan manusia

Kemampuan Yang Diuji:

27. Menentukan jenis tulang/ sendi/ otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya

28. Menjelaskan system pencernaan dan enzim- enzim yang berperan pada proses pencernaan

29. Menjelaskan system peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya

30. Menjelaskan proses pada system ekskresi ginjal

31. Menjelaskan system syaraf pada manusia

32. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan

33. Menjelaskan respon tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar

34. Menjelaskan proses foto sintesis dan percobaan- percobaan tentang proses tersebut


SKL. 9. : Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat

Kemampuan Yang Diuji:

35. Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya

36. Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel

37. Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya

38. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia


SKL. 10. : Menjelaskan bahan kimia alami dan buatan yang terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan

Kemampuan Yang Diuji:

39. Menentukan bahan kimia yang ditambahkan pada makanan

40. Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/ psikotropika pada tubuh kita


Catatan: ini skl un ipa 2008/2009. Kurikulum belum berubah, kemunginan besar skl juga tidak berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teacher Quote 20