PREDIKSI SKL UN IPA MTs
TAHUN 2009 / 2010
SKL. 1. : Melakukan Pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari- hari.
Kemampuan Yang Diuji:
1. Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai.
2. Membaca alat ukur
SKL. 2. : Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari- hari.
Kemampuan Yang Diuji:
3. Menentukan salah satu variable ρ = m / v
4. Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari- hari
5. Menentukan salah satu dari rumus kalor ( Q= m . c. ΔT )
SKL. 3. : Menjelaskan dasar- dasar mekanika (gerak,
Kemempuan Yang Diuji:
6. Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinyagerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari
7. Menentukan variable dari rumus tekanan pada suatu zat
8. Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari- hari
9. Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
10. Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari- hari
SKL. 4. :Memahami konsep- konsep dan penerapan getaran, gelombang, bunyi dan optic dalam produk teknologi sehari- hari
Kemampuan yang diuji:
11. Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang
12. Menjelaskan cirri dan sifat- sifat bunyi serta pemanfaatannya
13. Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan didepan lensa atau cermin
14. Menentukan besaran- besaran pada alat optic dan penggunaannya dalam kehidupan sehari- hari
SKL. 5. : Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari- hari
Kemampuan Yang Diuji:
15. Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta menentukan jenis muatan
16. Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik
17. Menentukanbesarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari- hari
18. menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub- kutub yang dihasilkan
SKL. 6. : Memahami sisten tata surya dan proses yang terjadi didalamnya
Kemampuan Yang Diuji:
19. Menjelaskan karakteristik benda- benda langit dalam tata surya
20. Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan
SKL. 7. : Menjelaskan cirri- cirri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan
Kemampuan Yang Diuji:
21. Mendeskripsikan cirri- cirri makhlik hidup
22. Mengidentifikasi cirri- cirri pada pengelompokan makhluk hidup
23. menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
24. Menjelaskan usaha- usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
25. Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup
26. Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan
SKL. 8. : Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan / organ- organ pada tumbuhan dan manusia
Kemampuan Yang Diuji:
27. Menentukan jenis tulang/ sendi/ otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya
28. Menjelaskan system pencernaan dan enzim- enzim yang berperan pada proses pencernaan
29. Menjelaskan system peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
30. Menjelaskan proses pada system ekskresi ginjal
31. Menjelaskan system syaraf pada manusia
32. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan
33. Menjelaskan respon tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
34. Menjelaskan proses foto sintesis dan percobaan- percobaan tentang proses tersebut
SKL. 9. : Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
Kemampuan Yang Diuji:
35. Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya
36. Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
37. Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya
38. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia
SKL. 10. : Menjelaskan bahan kimia alami dan buatan yang terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan
Kemampuan Yang Diuji:
39. Menentukan bahan kimia yang ditambahkan pada makanan
40. Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/ psikotropika pada tubuh kita
Catatan: ini skl un ipa 2008/2009. Kurikulum belum berubah, kemunginan besar skl juga tidak berubah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar